Tuesday, July 23, 2013

Cara Memperkuat Ingatan Meski Usia Bertambah

0


Kesehatan otak Anda serta ketajaman ingatan Anda akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia Anda. Anda tidak bisa mencegah terjadinya pengurangan kesehatan otak dan ketajaman ingatan tersebut.
Namun, Anda bisa menjaga agar otak Anda tetap bisa berjalan sebagaimana mestinya dan ingatan Anda tetap tajam dengan melakukan aktivitas tubuh yang seimbang dan memperhatikan asupan makanan yang sehat.
Anda dapat melakukan beberapa cara berikut ini untuk mendapatkan otak yang tetap sehat dan ingatan yang tetap tajam :



1. Jika Anda memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya Anda menghentikannya
Merokok dapat menurunkan aliran darah ke otak dan menyebabkan kerusakan yang serius. Selain itu Anda juga akan meningkatkan resiko untuk terkena penyakit jantung. Oleh karena itu, segera hentikan kebiasaan Anda untuk menghisap batang nikotin tersebut.

2. Selalu memeriksakan kesehatan
Agar Anda mengetahui kesehatan otak Anda, Anda perlu untuk memeriksakan kolesterol dan tekanan darah Anda secara rutin.

3. Menyisihkan sedikit waktu untuk beristirahat
Sisihkan sejenak waktu Anda untuk menjauh dari rutinitas sehari-hari dan manjakan diri Anda di waktu tersebut. Yang dapat Anda lakukan selama waktu senggang tersebut adalah dengan liburan, bertemu dengan teman-teman, melakukan hobi yang sempat terhalang ataupun melakukan berbagai hal baru yang mungkin belum pernah Anda lakukan sebelumnya.

4. Melakukan aktivitas fisik secara teratur
Anda dapat mengurangi resiko untuk terkena demensia dan penyakit Alzheimer dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur. Oleha karena itu, luangkan waktu Anda sedikitnya 30 menit dalam sehari untuk berolahraga.

5. Menantang otak Anda
Anda bisa memecahkan teka-teki atau mengambil alih tugas yang membutuhkan pikiran untuk menjaga agar pikiran Anda selalu aktif. Otak akan akan selalu aktif dengan melakukan kegiatan seperti itu.
6. Mendapatkan tidur yang cukup

Dalam penelitian ditemukan bahwa, kekurangan tidur dapat membuat ketajaman memori Anda menjadi terganggu. Oleh karena itu, usahakan agar Anda mendapatkan tidur yang cukup setiap harinya, yaitu selama tujuh hingga delapan jam setiap harinya.
Untuk mendapatkan ingatan yang tajam, tidak hanya cukup dengan melakukan aktivitas fisik yang seimbang dan mendapatkan waktu istirahat yang cukup, Anda juga membutuhkan asupan makanan yang sehat. Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi untuk mendapatkan ingatan yang tajam :

1. Buah Apel
Apel mengandung vitamin C yang dapat membantu Anda untuk mengurangi masalah Alzheimer yang akan terjadi pada otak Anda.

2. Buah Alpukat
Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang akan membantu Anda untuk meningkatkan aliran darah ke otak. Anda pasti akan mampu untuk berpikir dan mengingat secara rinci jika jumlah oksigen yang masuk ke dalam otak Anda tercukupi.

3. Buah Blueberry
Blueberry dapat membantu Anda untuk memperbaiki kemampuan motorik, indera penglihatan dan kemampuan belajar serta membantu mengatasi masalah penuaan pada fungsi otak dengan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

4. Cokelat murni
Cokelat dapat membantu Anda untuk mencegah oksidasi di otak dan mengurangi inflamasi yang merupakan pemicu dari berbagai penyakit saraf.

5. Green Tea
Teh hijau dapat melindungi otak dengan cara menurunkan jumlah protein yang terbangun sebagai plak, yang akan menyebabkan kerusakan saraf dan penurunan memori karena kandungan EGCG yang terdapat di dalamnya.

0 komentar:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html